ALL ABOUT BLOG
I. Definisi Blog
Secara Bahasa: Blog secara bahasa merupakan singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka. Lebih lengkap.
Secara Umum: Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
Secara Bahasa: Blog secara bahasa merupakan singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka. Lebih lengkap.
Secara Umum: Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
Dari berbagai definisi diatas, kita bisa mengambil berbagai kata kunci mengenai definisi blog:
1. Singkatan dari weblog
2. Website (sejenis website) Personal journal/online diary
3. Dikelola secara individual
4. Diupdate secara berkala
5. Diurutkan secara kronologis terbalik, dimana tulisan terbaru muncul di awal dan tulisan lama di belakang
6. Dapat di komentari
7. Terdiri dari berbagai link
8. Merupakan Opini pemilik blog (blogger)
8. Merupakan Opini pemilik blog (blogger)
II. Sejarah Perkembangan Blog
v Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman what’s new pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
v Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
v Tahun 1997 Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri adalah milik Jorn Barger
v Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis.
v Juli 1999 layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, dan juga Velocinews.
III. Manfaat dan kegunaan Blog
a. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image,
graphic, video, audio, slide presentasi, dan lain-lain) yang bisa diakses oleh semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
b. Personal Branding
Personal Branding atau Self positioning memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, berdasarkan keahlian yang anda punya sehingga membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya)
c. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya contohnya online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dan lain-lain.
d. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
e. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa
mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan.
f. Mendapatkan Penghasilan
Direct Income – Blog anda memang menjadi “sumber uang” anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Misalkan dengan menjual Spot banner, Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review (metode kerjasama periklanan di internet dimana webmaster atau pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di website atau blog miliknya). atau mungkin langsung menjual produk di blog anda dan lain-lain.
Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
g. Stress Release, Emotion Release
Jika kita ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan, terkadang kebahagiaan. dan kesedihan blog memfasilitasi hal tersebut.
h. Media Memberi, Media Sharing
Jika kita ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Kita bisa share melalui blog yang telah di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dan lain-lain kepada orang lain.
i. Jurnal/Diary Online Kehidupan Anda sehari-hari
Anda bisa mencatat segala aktivitas kehidupan sehari hari anda di media blog ini dan bisa dipublikasikan juga tentunya.
j. Mendapatkan Feedback atas apa yang anda rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kita.
k. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau corporate blogging, salah satu karakteristik blog adalah menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’.
IV. Jenis – Jenis Blog
Didalam pembahasan ini kami akan menjelaskan jenis-jenis blog kedalam 4 kelompok yaitu
A. Berdasarkan jenisnya
1. Online Diary / Online Journal / Personal Blog.
Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )
2. Corporate Blog.
Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “profile dari perusahaan” . Biasanya berkontenkan langkah – langkah
yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dan sebagainya contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ), http://googleblog.blogspot.com ( Google ), http://www.boeingblogs.com/randy ( Boeing )
3. Project / Product Blog.
Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project atau product. Baik project atau produk tersebut berupa aplikasi web, varian baru dari suatu produk, dan sebagainya . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project atau produk tersebut. Contoh : www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )
4. Niche Blog.
Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ) http://navinot.com ( IT in social way )
B. Berdasarkan Tujuannya
1. Blog untuk berorientasi personal.
Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini: topik nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )
2. Blog untuk Personal Branding.
Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog. Ciri – ciri umumnya : membahas topik tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger. Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com ( Trainer ), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant ), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )
3. Blog untuk Monetisasi.
Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. Sehingga akhinya akan menghasilkan income atau pendapatan dari banyaknya pengunjung (high traffic = high clicks = high income). Contoh: http://problogger.net, http://shoemoney.com
4. Blog untuk Portofolio.
Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh : http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/
5. Blog untuk Katalog.
Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com
C. Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)
1. Vlog - Singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video Contoh: NotSoGeeky
2. LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog
3. Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan Sketsa Portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
4. Photoblog / Phlog - Blog yang berkontenkan Foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog
5. Tumbleblogs - Blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbagai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
6. Typecasting Blog - Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com
7. Splog – Singkatan dari Spam blog. Blog berisikan iklan and nothing else. Terkadang disisipi beberapa konten copy paste.
8. Blog Iklan baris - Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh: http://blogiklanbaris.com/
9. Blog Copy Paste - Blog yang kontennya copy paste dari blog lain
D. Berdasarkan Genre
Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya
- Personal Blog - Blog pribadi, tentang seseorang
- Political Blog - Blog bertopik Politik
- Travel Blog - Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
- Fashion Blog - Blog tentang fashion
- Music Blog - Blog tentang musik
- Education Blog - Blog tentang pendidikan
D. Technical Pembuatan Blog
Didalam membuat sebuah blog kita perlu memperhatikan hal-hal penunjang dari sebuah blog itu dibuat hal-hal tersebuat antara lain:
1. Komputer
Tanpa perangkat hardware ini kita tidak mungkin bisa membuat blog
2. Internet
Internet singkatan dari International Networking. Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer yg ada di seluruh dunia. Dlm hal ini komputer yg dahulunya stand alone dpt berhubungan langsung dg host2 atau komputer2 yg lainnya.
3. Layanan Webhosting
Layanan Webhosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Layanan Webhosting ada yang gratis tapi ada juga yang bayar
Contoh Layanan Hosting yang bayar: Shared Web Hosting, Virtual Private Server Hosting biasa disingkat VPS, Dedicated Server, Colocation Server, Ardhosting
Contoh Layanan Hosting yang gratis: Blogger ( Blogspot ), Wordpress, Multiply, Type pad, Live journal, Windows live spaces, Blogharbor
4. Email
Fungsi email disini adalah untuk mengirimkan semua konfirmasi tentang blog yang anda buat, misalnya aktivasi blog yang anda buat, mengirimkan password jika anda lupa.
Panduan Membuat Blog
Pada kesempatan ini kami selaku penulis akan memandu anda membuat blog dari Blogspot / Blogger.com langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Step 1.
Ø Masuk ke situs www.blogger.com tunggu hingga muncul tampilan awal Blogger.com.
Step 2.
Ø Mulai membuat Klik Tab Buat Blog Gratis, Mulai
Step 3.
Ø Megisi Form dibawah ini dengan benar:
1. Alamat Email di isi dengan alamat email gmail anda yang masih aktif.
2. Masukan password
3. Ketik ulang password
4. Nama tampilan diisi dengan nama tampilan yang aka diposting
5. Verifikasi Kata diisi dengan kata yang ada dibawah nya
6. Beri tanda cek list pada penerimaan persyaratan dan kemudian klik tab Lanjutkan
Step 4.
Ø Verifikasi Account anda dengan menggunakan Nomor Selluler anda
1. Pilih salah satu option verifikasi yang ada
* Pesan Teks
* Pesan Suara
2. Pilih negara Asal
3. Masukan nomor selluler anda
4. Klik tab kirim kode verifikasi ke ponsel saya
Step 5.
Ø Memasukan Code Verifkasi
Ø Setelah anda mengirim nomor selluler anda untuk verifikasi account maka anda akan mendapatkan balasan nomor kode verifikasi.
Ø Lalu masukan kode verifikasi tersebut di form Verifikasi akun anda dan klik tab Verifikasi
Step 6.
Ø Memberi nama Blog
Ø Dengan mengisi Form seperti yang tampak disamping ini
1. Judul Blog diisi dengan judul yang akan ditampilkan ke header.
2. Alamat Blog (URL) diisi dengan alamat blog yang diinginkan.
Step 7.
Ø Memilih template blog
Ø Akan disediakan bermacam-macam template oleh Blogger. Anda diminta memilih salah satu template sesuai dengan selera Anda. Tempate yang Anda pilih ini sewaktu-waktu dapat diganti dengan template yang lain.
Ø Setelah memilih template, klik tab Lanjutkan untuk menuju ke bagian berikutnya.
Step 8.
Ø Memulai Posting
Ø Blog Anda telah selesai diciptakan. Kini saatnya Anda menambah posting ke dalam blog Anda dengan cara klik pada tab Mulai Posting.
Step 9.
Ø Mengetik Posting
Ø Ketikkan postingan Anda di bagian bawah ini. Jika belum siap mengisi posting, silakan isi posting seadanya. Nanti kita edit lagi dengan artikel sungguhan. Kalau sudah, klik tab Terbitkan Entri.
Step 10
Ø Berhasil Mempublikasikan
Ø Posting Anda sudah berhasil dipublikasikan/diterbitkan. Sekarang jika Anda ingin melihat tampilan blog, silakan di klik Lihat Entri
Step 11.
Ø Tampilan blog
Ø Proses membuat blog telah selesai. Inilah tampilan blog yang kita buat tadi Strukturnya masih terlalu sederhana, untuk itu silakan Anda menambahkan aksesori ke dalam blog Anda agar tampilan blog Anda lebih menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar